Social Media

https://www.facebook.com/cheewmyuetzzs?ref=tn_tnmn

Marketing

Rabu, 13 November 2013

Definisi Komunikasi


Definisi Komunikasi

Definisi dari kata "komunikasi", secara etimologi berasal dari dasar kata yaitu communis, dan "communis" ini bersumber pada kata communico atau communicare yang memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yang pada intinya yaitu bertujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Jadi, Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain, atau dalam singkat kata adalah dapat dikatakan "berbagi pengalaman". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secar

a verbal yang dimana komunikasi tersebut memiliki sebuah dimensi isi sebagai contoh adalah tulisan atau kalimat dan sedangkan non verbal yang memiliki dimensi hubungan kedekatan, seperti contoh gerak tubuh yang dapat dimengerti dan disepakati pemaknaannya oleh kedua belah pihak. 




Arti komunikasi sendiri memiliki 5 aspek elemen, yaitu :


  • Aspek Lingkungan : Adanya situasi konteks terjadinya sebuah proses komunikasi, yang dimana meliputi ruang, waktu,  dan tempat terjadinya sebuah proses komunikasi.
  • Aspek Makna : Arti komunikasi bersifat ARBITRAT
  • Aspek Simbol : Komunikasi memiliki label pada sebuah fenomena dalam memaknai sebuah tanda, dan tanda tersebut disepakati secara bersama bahwa memiliki sebuah simbolisasi tertentu. Sebagai contoh pemaknaan pada lampu merah yang memiliki arti untuk berhenti.
  • Aspek proses : Komunikasi pada aspek proses ini dinilai tidak memiliki akhir, dinamis, dan kompleks, maksudnya adalah komunikasi lebih menitikberatkan pada bagaimana penyampaian pesan, ide, atau gagaasan dari sender kepada receiver dapat ter-deliver dengan baik, dan memiliki respon balik (terlepas apakah respon positif ataupun negatif).
  • Aspek Sosial : Komunikasi selalu melibatkan 2 orang

Setelah melihat beberapa aspek dari definisi ebuah "komunikasi", dapat kita lihat dibawah, mengenai fungsi dari komunikasi sendiri. Esensi fungsi sebuah komunikasi adalah untuk memberikan informasi atau menyampaikan, namun secara teoritikal menurut Harol D. Lasswell komunikasi adalah untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi mengenai kejadian dalam suatu lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text