Social Media

https://www.facebook.com/cheewmyuetzzs?ref=tn_tnmn

Marketing

Rabu, 13 November 2013

Waspadai!! Dampak Buruk Kecanggihan Teknologi Terhadap Sosialisasi. .!

REP | 02 November 2013 | 23:37 Dibaca: 84    Komentar: 0    0

13834099941112931075
Zaman sekarang siapa yang tak punya ponsel?? Dari balita hingga manula tak ketinggalan dengan barang yang satu ini. Bahkan satu orang pun bisa memiliki 2-3 ponsel atau bahkan lebih. Harga yang bervariasi (dari kaki lima hingga bintang lima), pilihan yang beraneka ragam membuat orang semakin mudah memiliki ponsel. Kecanggihan teknologi, terutama ponsel memberikan berbagai dampak positif, namun dibalik itu, menyimpan boomerang bagi sosialisasi masyarakat.
Beberapa fakta yang dapat mengindikasikan pudarnya sosialisasi masyarakat akibat kemajuan teknologi khususnya ponsel:
1. Rasa sosial seseorang menjadi berkurang. Di zaman modern orang-orang lebih suka menyendiri, memandang ponsel berjam-jam, senyum-senyum sendiri dari pada berkumpul bersama kerabat atau keluarga untuk sekedar bertukar cerita. Manusia menjadi malas untuk bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar (face to face).
2. Anak-anak lebih suka bermain games di ponsel dari pada bermain dengan teman sebayanya. Ini dapat membahayakan anak, karena nantinya kurang bisa bersosialisasi dengan masyarakatnya.
3. Banyak orang menjadikan ponsel sebagai prioritas utama. Buktinya ponsel selalu mereka genggam saat belajar, makan, jalan dsb. Mereka seperti seorang eksekutif yang takut kehilangan tender besar jika tidak bersama ponselnya.
4. Para pelajar/mahasiswa cenderung tidak bisa membedakan dengan siapa ia berkomunikasi. Mereka sudah terbiasa bahasa SMS dengan teman sebayanya, sehingga mereka tidak bisa menempatkan diri ketika berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Banyak kasus seorang pelajar yang SMS kurang sopan bahkan tidak sopan terhadap guru atau dosennya.
Sebagai contoh nyata salah seorang dosen saya pernah mendapat SMS seperti ini ketika UAS sedang berlangsung “Pa, ruang dmn? Gpl”
Apakah itu sopan?apakah itu yang dinamakan pelajar?
Sudah sepantasnya kita bisa menyikapi kemajuan teknologi secara arif dan bijaksana, bisa memfilter mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan semua perkembangan teknologi dan informasi kita bisa lebih produktif lagi, bukan menjadi budak oleh-nya. Sekian dulu tulisan saya.
Semoga bermanfaat . Amiiinn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text